Rumah tinggal adalah salah satu kebutuhan dasar manusia dan menjadi hak setiap orang. Sayang, masih banyak masyarakat Indonesia pada abad milenium ini belum mempunyai tempat tinggal. Berdasarkan sensus penduduk 2010, dari 61 juta rumah tangga di Indonesia, sebanyak 22% atau 13 juta rumah tangga belum mempunyai rumah sendiri.

Ada banyak faktor penyebabnya, salah satunya harga rumah yang kian mahal. Harga tanah dan bahan bangunan yang terus naik, menyebabkan harga rumah kian tidak terjangkau, khususnya oleh masyarakat kurang mampu. Program Rumah Murah Untuk menjembatani harga rumah yang kian mahal, pemerintah melalui Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera), menggulirkan program rumah murah.

Program ini ditujukan bagi masyarakat kurang mampu, yang sering disebut Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Berbeda dengan rumah komersial di mana harga rumah ditentukan oleh masing-masing pengembang, pada rumah murah ini, harganya dipatok pada nilai tertentu oleh pemerintah. Saat ini, harga rumah murah yang disebut sebagai Rumah Sejahtera Tapak, dibagi menjadi 4 golongan. Wilayah I di Sumatera, Jawa, dan Sulawesi maksimal Rp88 juta.

Wilayah II di Kalimantan, Kepulauan Maluku, dan Kepulauan Nusa Tenggara maksimal Rp95 juta. Wilayah III meliputi Papua dan Papua Barat, maksimal Rp145 juta. Wilayah khusus meliputi Bali, Jabodetabek, Batam, Bintan, dan Karimun maksimal Rp95 juta.

KPR-FLPP Tak hanya murah, pemerintah melalui Kemenpera, juga memberi bantuan pembiayaan untuk pembelian rumah melalui KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Bantuan pembiayaan ini dinamai Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) atau biasa disebut program Kredit Pemilikan Rumah (KPR)-FLPP.

Program KPR-FLPP berbeda dengan program KPR konvensional pada umumnya. KPR-FLPP secara khusus ditujukan bagi MBR, baik yang memiliki penghasilan tetap maupun tidak tetap. KPR-FLPP memberikan suku bunga 7,25% dan bernilai tetap (fl at) selama jangka waktu KPR, termasuk premi asuransi jiwa dan asuransi kebakaran. Adapun jangka waktu KPR skema FLPP maksimal 20 tahun.

Sebuah rumah belum lengkap apabila tidak ada sumber listrik cadangan. karena ketika listrik padam kenyamana di rumah akan terganggu. Untuk mendapatkan harga genset yang murah bisa membelinya melalui Suplier jual genset di Bandung.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *