Berbeda dengan mini PC lainnya, Zotac memberikan Anda kemudahan untuk melakukan penggantian komponen di dalam produknya ini, ZBOX ID89. Tidak hanya RAM dan hard disk, prosesor di dalamnya juga dapat diganti berkat penggunaan mainboard dengan chipset Intel H61 dengan soket LGA 1155. Hal ini menandakan bahwa PC berukuran mungil ini tidak ditenagai oleh prosesor mobile, melainkan prosesor desktop, yaitu Intel Core i5­ 3470T. Namun perlu diketahui, Anda tidak bisa mengganti komponen sendiri, karena bisa menghanguskan garansi.

Seperti notebook, RAM yang digunakan berjenis SODIMM DDR3. Di dalamnya, sudah terpasang satu keping RAM sebesar 4 GB. Zotac ZBOX ID89 menyediakan dua buah slot RAM sehingga Anda dapat menambah satu keping RAM lagi. Untuk memasang RAM, Anda harus membuka hard disk terlebih dahulu. Pasalnya, posisi slot RAM terdapat di bawah hard disk. Zotac ZBOX ID89 sendiri menggunakan hard disk berukuran 2,5 inci berkapasitas 1 TB. Untuk kebutuhan multimedia, Zotac ZBOX ID89 menyediakan feature yang cukup lengkap. PC mungil ini menyertakan sebuah remote control yang terintegrasi dengan Windows Media Center.

Dengan begitu, Anda dapat memutar musik atau video tanpa harus menggunakan mouse dan keyboard. Agar dapat terkoneksi dengan perangkat mobile yang Anda miliki, di dalam Zotac ZBOX ID89 tertanam sebuah modul Bluetooth dan WiFi dengan standar 802.11n Selain dilengkapi dengan Wi­Fi, pada sisi belakang juga terdapat dua buah port RJ­45 untuk koneksi ethernet. Jika Anda tidak memiliki ruang yang cukup luas, Anda dapat meletakkannya secara horizontal.

Dilengkapi dengan VESA Mount, Anda juga bisa meletakkannya persis di belakang monitor sehingga tidak membutuhkan banyak ruang. Apabila Anda mengalami masalah ketika proses booting berlangsung, Anda tak perlu khawatir. Pada sisi belakang hard disk, Zotac menyediakan tombol clear CMOS untuk mengembalikan konfigurasi BIOS ke kondisi default.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *